21/06/09

KENDALIKAN BIAYA & MODAL, AMANKAN BISNIS ANDA

Dalam kehidupan, ada hal-hal yang bisa dikendalikan oleh diri sendiri. Sedangkan hal-hal yang diluar diri sendiri seperti tingkah laku orang lain adalah hal yang tidak bisa dikendalikan. Maksudnya anda tidak dapat memprediksi apa yang dilakukan orang lain atau kejadian lain diluar lingkup diri anda sendiri, lebih gampang atau mudah menentukan arah diri anda sendiri. Dari prinsip ini, kendalikanlah hal yang didalam kuasa anda secara baik sebelum anda mengendalikan hal diluar pengaruh anda. Sama dengan berusaha bisnis, bila anda adalah pemilik suatu bisnis, kuasai dan kendalikan hal seperti biaya dan modal karena anda bisa menentukan mau kemana atau mau diapakan biaya dan modalnya. semakin efektif dan bijaksana dalam pemakaian biaya dan modal usaha anda, minimal pengaruhnya anda bisa mengetahui kapan saatnya mencegah kerugian dan kapan waktunya mengkoreksi kesalahan yang ada dengan cepat dan tepat.
Pengalokasian biaya dan modal yang efektif dan tidak menyia-nyiakan sumber daya yang ada dapat mempengaruhi kekuatan daya saing bisnis anda ditengah berkompetisi dengan pesaing lainnya. Jangan sampai dana yang anda keluarkan tidak memberikan nilai tambah bagi produk yang dihasilkan, seperti hati-hati dalam pengeluaran biaya administrasi, karena pada dasarnya biaya ini tidak memberikan nilai tambah yang signifikan/penting bagi produk.
Contoh dalam mengendalikan modal: apa bila anda memiliki satu mesin produksi yang dapat berproduksi untuk 10.000 unit produk, ketika kapasitas mesin anda sudah maksimal, maksudnya ketika mesin tersebut terus menerus berproduksi hingga 10.000 unit produk untuk memenuhi permintaan pelanggan dan ternyataan permintaan dari pelanggan terus bertambah melebihi kapasitas produksi yang ada atau misal ada tambahan permintaan 5.000 unit produk untuk sekali pesan atau total pemesanan 15.000 unit (=10.000+5.000) maka anda perlu mempertimbangkan untuk membeli mesin tambahan atau mengalihkan sisa pesanan kepada produsen lainnya yang anda kenal untuk dikerjakan. Apakah sudah saatnya menambah kapasitas produksi dengan menambah modal mesin atau tidak, perlu analisa lebih lanjut mengenai hal ini. Pertimbangannya apakah memang dimasa depan jumlah permintaan akan produk ada selalu dan meningkat terus (sebagai kondisi diluar kuasa sendiri), jika iya, maka ketika akan menambah mesin produksi perlu di cari asal modalnya baik modal sendiri maupun modal pinjaman, dan kemudian perhatikan biaya tambahan sebagai modal kerja yang dibutuhkan untuk mengoperasikan mesin yang baru tersebut (sebagai kondisi yang dikendalikan oleh anda sendiri).
contoh: anda memiliki gerobak bakso satu buah yang diarak keliling sendirian pada awalnya, karena bakso anda buat sendiri dan mutunya telah terkenal dan banyak langganan, anda memutuskan membuat tempat permanen untuk menjual bakso anda, kemudian anda mendirikan warung bakso dengan tambahan satu pekerja untuk membantu melayani pelayan dan membantu membersihkan mangkuk kotor, sedangkan anda sebagai orang yang menyiapkan masakan bakso tersebut untuk menjaga mutu masakan tersebut. Jika dilihat dari bisnis ini hal yang masih anda dapat kendalikan adalah: mutu masakan yang dimulai dari biaya membeli bahan makanan yang sesuai dan meraciknya hingga memasaknya bagi pelanggan anda. Ketika akan mengembangkan bisnis bakso anda, anda mempertimbangkan dana yang anda miliki dan prospek bisnis anda jika anda membuka warung bakso, Lalu anda mulai memilih secara bijaksana bentuk warung yang dipilih, tempatnya, dan biaya pembuatannya/sewanya yang cocok dengan kemampuan pendanaan/modal anda, serta ketika akan mengoperasikannya apakah tercukupi biaya untuk membeli bahan makanan dan biaya sehari-hari lainnya serta biaya pegawai(inilah yang disebut modal kerja). Kemudian pikirkan hal yang diluar kuasa anda, seperti apakah pelanggan mau mendatangi warung baru anda dan ini perlu melakukan iklan atau sosialisasi kepada pelanggan loyal anda, umumkan secara langsung bahwa anda sudah membuka warung bakso permanen didekat pelanggan dengan memasang tulisan besar diatas kain/media lainnya dengan keterangan bahwa anda sudah membuka warung bakso dengan alamat lokasi usaha serta memajangnya di lokasi daerah yang paling banyak ditinggali oleh pelanggan anda. Apabila dana yang anda punya kurang maka bisa menggunakan tambahan modal dari pihak lain yang masih mau meminjamkan uangnya kepada anda, hati-hati terhadap hal ini, ingat "berugilah sesuai yang mampu anda tanggung". lebih baik mencicil dengan modal sendiri dulu untuk memperbaiki mutu dan pelayanan dari penjualan produk anda secara perlahan dan pasti. Setelah anda berhasil mendirikan warung bakso yang terkenal dan laku serta dengan mutu yang diminati oleh banyak konsumen, yakinlah bahwa banyak orang lain yang mau bekerja sama dengan anda untuk memperbesar bisnis anda dan hati-hati dalam mendapatkan tawaran kerjasama dengan orang lain, pertimbangkan dengan matang berdasarkan pengalaman yang anda alami selama belajar jadi pengusaha.