25/06/09

SIKLUS BERKEMBANG - MANDIRI - SEMAKIN KAYA

Manusia berkembang dengan mengalami siklus kemandirian, yakni dimulai dari berkembang dengan mempelajari, kedua merasakan kemandirian awal, ketiga mencapai kesuksesan pribadi. masing-masing tahapan dari siklus ini tidak semua orang bisa merasakan karena keterbatasan waktu dan biaya, memang dunia ini kejam, ada seleksi alam yakni untuk orang yang tidak berusaha mencari perbaikan mutu hidupnya akan tenggelam dan terpuruk sedangkan orang yang berusaha dan berkesempatan akan semakin maju untuk mencapai kemandirian dan kesuksesan yang diinginkannya.
Ketika anda masih buta ilmu pengetahuan atau "kebijaksanaan", sadari hal ini, ilmu tidak akan didapat jika tidak melakukan sesuatu atau merubah sesuatu, maksudnya ilmu bisa didapat dari pengalaman hidup anda, serta ilmu yang dicari dan dipelajari dari sumber lain seperti pendidikan formal dan informal (anda tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, yakinlah cukup dari buku-buku atau refrensi/nara sumber lainnya anda akan mendapatkan ilmu yang tidak tak terbatas asal tekun untuk membaca dan memahaminya). Ketika anda merasa ilmu dasar sudah cukup anda pelajari, mulailah mempraktekkan didunia nyata sendiri, anda mulai bekerja, mencari penghasilan awal dan mulai mandiri.
Contohnya: anda lulusan minimal sekolah menengah atas, lulus akademik belumlah cukup, anda harus mempersiapkan keterampilan lainnya agar menambah modal anda untuk bersaing didunia kerja, ikuti ujian dan sertifikasi yang memberikan nilai tambah seperti komputer,TOEFL-bahasa inggris (ambil yang biayanya murah 100ribuan rupiah dan hanya untuk lokal Indonesia, biasanya sering diadakan oleh penyelengara les pendidikan bahasa inggris disekitar anda, lakukan berkali-kali jika perlu untuk mencapai nilai yang cukup baik), keterampilan pertukangan & perbengkelan, administrasi, dan lainnya, bacalah buku tes psikotes walaupun kelihatan sepele karena buku seperti ini murah anda dapatkan dengan harga disekitar 10ribu rupiah hingga 20ribuan rupiah, tapi minimal menolong anda lebih siap daripada pesaing lainnya ketika ikut tes masuk kerja dan meningkatkan peluang anda diterima kerja. Masukkan semua data keterampilan anda diatas kedalam surat lamaran kerja anda dan kirim sebanyak-banyak minimal 5 surat lamaran kerja perminggu (pelajari cara membuat surat lamaran kerja yang baik, banyak metoda dan contohnya dari internet, tanyakan Mr. GOOGLE maupun buku) untuk lebih melebarkan peluang panggilan tes seleksi calon pegawai, dapatkan peluang kerja dengan membaca koran, buku alamat telepon (kirim ke perusahaan berdasarkan info alamat dari buku kuning telepon, karena tidak semua perusahaan mencari pegawai menggunakan surat kabar mungkin cukup dari kumpulan kiriman surat lamaran yang sudah ada), datangi perusahaan yang bersangkutan, serta mencari informasi lowongan kerja dari orang lain. Jika anda gagal dalam suatu tes penerimaan pegawai, sadari bahwa ada yang kurang dari diri anda karena tidak memaksimalkan peluang, maka perbaiki, belajar lagi dan jangan putus asa. Anda harus mempelajari nilai jual diri anda dipasar dunia kerja secara realistis, dengan membandingkan dengan pesaing lainnya, seringlah mengintrospeksi diri. Ketika sudah bekerja mulailah awal kemandirian terjadi. inilah titik penting untuk maju kedepan mencari kesuksesan awal atau tetap mapan dengan kondisi sebagai pegawai, bila perlu berpindah-pindah kerjaan/perusahaan untuk menambah wawasan dan perbaikan kesejahteraan, tapi ingat perpindahan pekerjaan sebaiknya dipertimbangkan dilakukan minimal setelah bekerja 1 tahun ditempat/perusahaan yang sama (kecuali ada yang menawarkan lebih baik secepatnya) untuk mendapatkan surat keterangan sudah bekerja/prestasi kerja yang nantinya bisa dipergunakan untuk refrensi didalam surat lamaran kerja anda berikutnya.
Ketika kemandirian awal sudah ada, maka mulailah membangun modal dasar yang lebih untuk memulai usaha sendiri yang nantinya sebagai kendaraan anda dalam mencapai sukses, modal dasar ini bisa secara keuangan (menabunglah) dan secara ilmu (tambah pengetahuan dengan membeli ilmu yang sesuai dengan target anda). Anda membaca bloger http://kayadaribisnisreal.blogspot.com, dapat sangat membantu anda untuk menambah ilmu anda dalam refrensi mencari kekayaan dan sukses. Jika anda ingin berusaha dibidang profesional (dokter, konsultan atau jasa lainnya) maka perdalam keilmuan anda hingga suatu saat anda semakin terkenal dibidangnya dan dapat memulai usaha dan memiliki pelanggan sendiri. Jika anda pegawai biasa, maka belajarlah pengetahuan praktek lainnya/praktisi, seperti mulai berbisnis disuatu bidang tertentu dan pelajari dari nol dengan mencari guru yakni orang yang sudah sukses melakukan usaha bisnis dan sudah merasakannya (bisa juga bos/pemilik bisnis dimana anda bekerja), ikuti jejaknya hingga suatu saat anda bisa sepertinya, menjadi sukses dan bebas secara keuangan (maksudnya membiayai hidup anda tampa batasan-selalu memiliki uang yang dapat dipakai untuk apapun kebutuhan anda).
Pesan Bijak: Mulailah dengan belajar berpikiran untuk sukses kemudian perdalam pemikiran untuk sukses dan pelajari dulu pelan-pelan cara sukses jika perlu, tanamkan keinginan kuat anda untuk sukses, buka wawasan anda seluas-luasnya, makin lama pemikiran ini akan berkembang dan setelah anda yakin mampu mungkin membuat anda dapat melakukan aksi untuk mempraktekan pemikiran anda ketika berkesempatan. Orang bijak bilang sukses dapat diraih oleh semua orang dan sukses hanyalah kata-kata, hari ini seseorang telah sukses tapi kemudian ingin kesuksesan lainnya dan lebih, karena target untuk sukses itu tidak ada batasannya.