17/06/09

PELUANG : serap-sortir-pilih-lakukan

Peluang ~ Kesempatan ~ Perubahan ~ Pergerakan

Kemanapun kita pergi selalu ada peluang dimana-mana, mungkin tidak semua orang tau adanya peluang disekelilingnya, memang bagaimana membaca suatu peluang ada dan waktu yang tepat tergantung dari pengalaman dan keahlian masing-masing individu, kemampuan membaca peluang dapat dipelajari oleh semua orang tapi ini perlu ilmu yang cukup untuk orang dapat melihat dari sisi mana peluang itu dapat dilihat. Yang pasti : Orang yang membuka pikirannya seluas-luasnya, maksudnya menerima semua informasi yang ada dan menyortir mana yang dibutuhkan dan tepat akan cepat melihat peluang. berikut caranya:

Karena banyaknya jenis peluang didunia ini, maka fokuskan dulu dipeluang bisnis dilingkungan setempat dulu. Untuk belajar mengasah kecepatan membaca peluang maka anda harus tahu kenapa orang kaya bisa memanfaatkan kesempatan yang ada menjadikan mereka sukses dan biasanya mereka tahu lebih dahulu adanya suatu peluang dibandingkan orang lain. Rahasianya yakni "Mengamati pola dan tingkah laku orang, lingkungan masyarakat, pasar dan uang, agar dapat mengidentifikasi kebutuhanya, arah/kecenderungan berprilakunya serta perubahan/pergerakannya".

Peluang bisa muncul akibat orang membutuhkan sesuatu yang belum tersedia, walaupun bila sudah tersedia belum mencukupi memenuhi kebutuhannya.

Peluang bisa muncul karena arah atau kecendrungan perilaku manusia, misalnya kecenderungan perpindahan manusia ke tempat yang banyak lapangan pekerjaan tersedia seperti daerah perkantoran dan bisnis. Peluang dapat dilihat dari tingkat kepadatan penduduk disuatu lokasi pada waktu tertentu (contoh: wisata & hari besar nasional) atau permanen (untuk daerah hunian, sentra bisnis/perkantoran). Arus pergerakan manusia juga menunjukan adanya peluang, maksudnya jalan-jalan yang paling banyak dilalui oleh banyak orang mengindikasikan banyak prospek /calon konsumen potensial.

Peluang bisa muncul karena perubahan selera pasar contohnya selera orang akan penampilannya (pakaian, sepatu, tas, hiasan dan perhiasan, alat komunikasi), selera orang dalam menghabiskan aktifitas luangnya (contoh: rekreasi, bercocok tanam, pergaulan sosial). peluang terjadi karena selera manusia yang ingin memanjakan dirinya, baik selera akan pelayanan teknologi terbaru atau teknik terbaru yang lebih memudahkan aktivitasnya kehidupannya, hal ini bisa terjadi dipenyediaan produk jasa (contoh: servis segala alat, jasa pengantar dan lainnya)

Peluang muncul karena pergeseran pasar, hal ini sangat pasti terjadi dalam bisnis transaksi barang tidak berwujud, dicontohkan seperti saham, jual beli mata uang, transaksi turunan lainnya seperti hak opsi saham dan indeks saham, bursa komoditi berjangka, dan lainnya. kenaikan harga di pasar maupun penurunan harga di pasar atas transaksi ini akan menimbulkan peluang keuntungan tergantung trik transaksi yang dilakukan. melakukan transaksi seperti ini membutuhkan keahlihan khusus tapi bisa dipelajari oleh semua orang dan banyak tulisan orang mengenai hal ini sehingga semua dapat mendalaminya, hal dasar yang perlu dilakukan dalam melaksanakan transaksi seperti ini adalah mengamati, mencermati dan menganalisa arah pergeseran harga pasar setiap saat karena peluang yang terjadi mungkin hanya dalam hitungan detik setelah itu berubah total, kecepatan, ketepatan dan kelihaian dalam menganalisis kondisi pasar sangat mempengaruhi tingkat keuntungan yang didapat atau tingkat kerugian yang diderita.

pesan bijak : BERTRANSAKSILAH DENGAN NILAI UANG/TRANSAKSI DIMANA MERUGI MASIH DALAM BATAS KEMAMPUAN ANDA UNTUK MENANGGUNGNYA DAN ANDA TIDAK KEBERATAN UNTUK MERUGI, MAKSUDNYA BERMAIN DENGAN UANG KECIL/MODAL KECIL DAHULU SEBELUM ANDA MAMPU DAN YAKIN MEMAINKAN MODAL UANG YANG BANYAK. SIAPKAN MENTAL ANDA DAHULU SEBELUM BERTRANSAKSI, JANGAN PANIK MELAINKAN CEPAT DAN TEPAT BERTINDAK. MEMANG RISIKO BESAR MENGHASILKAN KEUNTUNGAN YANG BESAR TAPI HATI-HATI SELALU, MASIH BANYAK PELUANG LAIN YANG MASIH MENGUNTUNGKAN MENUNGGU ANDA

Satu lagi yang penting: Peluang dapat anda ciptakan sendiri!!!! banyak pebisnis kaya yang sukses karena bisa menciptakan peluangnya sendiri. maksud dari penyataan ini, bila anda mempunyai suatu ide baru (penemuan) yang menakjubkan dan belum ada orang lain yang memikirkan dan mencoba hal ini sebelumnya, beranikan diri anda untuk mencoba dan melaksanakan ide tersebut, kalau pertimbangan dan perhitungannya baik serta benar maka bisa memberikan hasil yang terbaik, butuh usaha besar dan waktu proses untuk mencapai kesuksesan terutama bagaimana hasil ide anda dikenal dan diterima orang hingga menjadi hal yang dibutuhkan orang lain, dengan melakukan pendidikan, sosialisasi atau pengenalan hasil ide/produk anda kepada prospek/calon konsumen baru agar mengerti kegunaan dan nilai tambah yang didapat bila memakai hasil ide/produk yang anda buat (biasanya dibantu dengan membuat iklan). Jadilah yang terdepan (pionir) selalu dengan menciptakan peluang-peluang baru.